Select Page

Perbedaan Domain, Hosting dan IP Address – Bagi anda yang saat ini baru memasuki dunia online marketing atau sedang belajar bisnis online melalui website, maka yang pertama kali anda harus terlebih dahulu ketahui apa itu website.

Website adalah suatu halaman web yang berisikan data data informasi seperti teks, artikel, gambar, audio, animasi, video dan saling berhubungan yang biasa digunakan oleh perorangan, organisasi maupun perusahaan untuk tujuan tertentu.

Dalam sebuah website terdiri dari beberapa komponen utama yaitu domain, hosting dan IP address. Biasanya website selalu menggunakan www (World Wide Web) misal : www.google.com, www.bing.com. www.tokopedia.com dan lain lain.

Perbedaan Domain, Hosting dan IP Address

Domain adalah nama alamat atau biasanya disebut URL yang dapat mengidentifikasi nama server komputer dan dapat mengantarkan anda ke halaman website yang dituju.

Domain merupakan bentuk sederhana dari IP address yang biasanya tersusun dari angka angka yang sulit dihafal seperti 173.194.80.114, 192.204.70.113.  Setiap komputer, smartphone, PC yang terhubung melalui internet memiliki IP address masing masing yang berbeda.

perbedaan domain hosting dan ip address

Sedangkan Hosting merupakan sebuah layanan yang sering digunakan untuk menyimpan data website agar dapat diakses di internet.  Layanan hosting ini sudah tersedia di berbagai platform terbaik seperti www.domainesia.com hosting Indonesia populer.

Ada beberapa cara web hosting yang perlu anda perhatikan seperti ketika anda sedang mengakses sebuah website baik menggunakan IP Address maupun nama domain dengan melalui browser yang menggunakan network protocol HTTP. Internet juga akan mengirimkan permintaan akses kepada server hosting. 

Untuk berikutnya server akan mengirimkan beberapa informasi file yang diminta ke komputer melalui internet yang selanjutnya akan diterjemahkan oleh web browser dalam bentuk tulisan serta gambar. 

Bagi anda yang ingin mengakses suatu website, maka anda perlu mengetikkan alamat website pada browser yang anda gunakan.

Selanjutnya pada perintah dari browser akan diteruskan internet menuju ke server hosting untuk dieksekusi sesuai dengan permintaan. Maka hasil dari aktivitas ini merupakan tampilan dari gambar dan informasi website yang ingin diakses.

Kemudian akan diteruskan oleh internet agar dapat tampil pada browser anda. Sehingga anda akan mendapatkan tampilan halaman sebuah website yang sedang anda butuhkan. Seperti itulah bagaimana cara kerja web hosting.

Jenis Jenis Layanan Hosting

  1. Shared hosting yang merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk sebuah layanan web hosting.
  2. Cloud hosting
  3. Managed wordpress hosting 
  4. VPS hosting
  5. Dedicated hosting

perbedaan domain hosting dan ip address

Spesifikasi yang Harus di Perhatikan Ketika Memilih Layanan Web Hosting

Ada beberapa yang perlu dijelaskan karena belum sepenuhnya para pelanggan faham tentang spesifikasi teknis yang akan mempengaruhi performa website anda.

Berikut beberapa spesifikasi yang harus diperhatikan ketika memilih layanan web hosting :

  • Disk space merupakan daya tampung atau kapasitas secara keseluruhan file-file yang akan di upload pada sebuah website. Jadi hosting erat kaitannya dengan disk space yang merupakan besar ukuran atau daya tampung pada sebuah hosting.
  • Bandwidth merupakan besar transfer yang dapat dilakukan pada satu waktu dalam pertukaran pada data.
  • Webmail merupakan sebuah layanan email yang dapat diakses menggunakan browser web standar. Ini kontras dengan layanan email yang dapat diakses melalui perangkat lunak klien email khusus.
  • Cpanel merupakan sebuah panel kontrol layanan host web pada Linux yang memberikan tampilan grafis dan peralatan otomasi yang dibuat untuk memudahkan proses hosting di sebuah situs web.
  • Kualitas Data Center Merupakan suatu fasilitas berupa jaringan komputer dan ruang penyimpanan data yang bisa dipakai oleh kalangan pebisnis maupun organisasi untuk melakukan pengaturan, pemrosesan, penyimpanan serta penyebarluasan data dalam skala besar.

Itulah beberapa penjelasan mengenai domain, hosting dan IP address. Bagi anda yang akan membuat sebuah website, bisa memilih langsung pada layanan web hosting yang sesuai dengan kebutuhan website yang anda rencanakan.

Seperti ketika anda sedang menargetkan pengunjung website dengan posisi pasar di Indonesia. Sebaiknya memilih server  www.domainesia.com hosting Indonesia populer.

Jangan lupa pastikan untuk konsultasi terlebih dahulu ke CS web hosting yang bersangkutan agar bisa mendapatkan pilihan paket hosting yang paling tepat.