Select Page

WhatsApp ialah program pesan instant paling populer di dunia yang sering dipakai oleh orang dari bermacam kelompok dan umur, dimulai dari mengirim text sampai content medium dan dokumen.

Kekuatan WhatsApp juga makin lama makin bertambah melalui bermacam feature baru yang rajin diteruskan oleh pembikinnya.

Dari beberapa feature yang ada, beberapa relatif jarang-jarang dijumpai tetapi dapat berguna untuk pemakai. Di bawah ini lima salah satunya yang digabungkan.

1. Kirim gambar tanpa ada kurangi mutunya

Mengupload gambar di WhatsApp sering harus mempertaruhkan kualitas. WhatsApp akan secara automatis terkompresi supaya bisa dikirimkan. Akhirnya, gambar akan nampak “pecah” waktu dibuka sebab resolusinya rendah.

Untuk menjaga kualitas supaya tidak turun dan masih sama aslinya, lampirkan gambar selaku dokumen dalam percakapan.

Triknya, click simbol tambahan (gambar clip kertas) yang berada di segi bawah. Selanjutnya tentukan dokumen > mencari dokumen lain (disamping teratas) > tentukan album photo yang diinginkan > tentukan photo > kirim.

2. Sembunyikan pesan dengan arsip

Berasa kebanyakan ruangan percakapan (chatroom) di WhatsApp? Feature “Arsip” dapat menolong untuk membereskan ruangan percakapan.

Khususnya, bila Anda masih sangsi untuk meniadakan keseluruhnya pesan pembicaraan. Dengan “Arsip”, chatroom cuman akan diselinapkan dan akan tampil kembali saat ada pesan baru masuk dari contact yang diselinapkan itu.

Jika pengin mengarsipkan beberapa pembicaraan saja, tentukan chatroom yang diinginkan, selanjutnya click dan tahan (hold), lalu tentukan simbol arsip yang dilukiskan dengan kotak dan anak panah ke bawah.

Simbol arsip ada disamping atas, persisnya di tengah simbol senyap (mute) dan menu (titik tiga vertikal). Jika pengin mengarsipkan seluruh chat, membuka penataan (seting) > chat > kisah chat > arsipkan seluruh chat > ok.

Pesan yang diarsipkan bisa dicari dan chatroom akan kembali tampil saat ada pesan baru diterima.

3. Cari file secara cepat

Tahun 2020, WhatsApp mengeluarkan fituyr untuk memudahkan pemakainya dalam cari file, baik photo, video, GIF, atau dokumen.

Untuk cari file pada jalan pintas, click simbol penelusuran yang dilukiskan dengan simbol kaca pembesar, lalu tentukan tipe file yang dicari, apa photo, GIF, video, audio, dokumen, atau link.

Selanjutnya tambahkan kata yang lain terkait dengan penelusuran. Selaku contoh, jika pengin cari link dari Kompas.com di satu pembicaraan, karena itu dalam penelusuran tentukan “link”, lalu saran kata “kompas.com”.

Nanti akan tampil beberapa pembicaraan yang berisi link itu.

4.Export chat ke piranti lain

Saat sebelum mengalihkan WhatsApp ke piranti lain, umumnya pemakai lakukan pencadangan hp. Namun, seringkali ada banyak pesan yang tersisip dan tidak turut tercadangkan.

Salah satunya pilihan yang dapat dipakai ialah menggunaan feature ekspor chat. Feature ini akan mengirim semua kisah percakapan di chatroom, terhitung pesan text, audio, photo, atau video.

Dengan begitu, pesan dari contact yang dipandang penting tetap terselamatkan, jika tidak turut tercadangkan. Pemakai dapat pilih, apa pengin mengekspor pesan text saja, atau meliputi pesan medium (photo, video, audio) juga.

Jika ikut mengekespor pesan medium, berarti ukuran file yang di-export akan makin besar. Export chat dapat dikerjakan dengan buka pembicaraan yang pengin di-export.

Selanjutnya click simbol menu > more > ekspor chat. Pesan dapat di-export ke e-mail, cloud penyimpanan, atau program perpesanan lain.

5. Menahan salah masuk kamar

Terkadang, buka program WhatsApp yang sarat dengan ruangan percakapan dapat membuat salah masuk kamar chat. Kemauan hati pengin kirim pesan penting ke group kantor atau famili, tetapi yang berlangsung malah menulis pesan ke contact atau group lain.

Simak juga: Mulai 2021, Hp Android dan iPhone Tipe Ini Tidak Dapat Kembali Gunakan WhatsApp

Untuk mengecilkan peluang salah masuk ini, pemakai dapat membuat shortcut atau pintasan chat yang dapat ditempel di monitor khusus hp. Hingga, pemakai langsung akan masuk di ruangan percakapan contact itu tanpa ada terdistraksi pesan dari contact yang lain.

Triknya, tentukan contact atau group chat yang pengin jadi pintasan. Selanjutnya click dan tahan (hold) > click menu > add shortcut (tambah pintasan) > add (tambah).

Shortcut pembicaraan akan automatis ada di monitor khusus dan dapat dipakai untuk langsung ke arah contact atau group spesifik hingga tidak salah masuk kamar.