Select Page

Model Batu Alam – Batu alam adalah salah satu bahan yang dipakai oleh orang-orang sebagai bahan bangunan, terutama untuk bagian ending. Salah satu alasannya ialah karena kesan alami untuk penampilan dekorasi. 

Batu alam beberapa tahun terakhir menjadi kebanggaan untuk masyarakat yang digunakan untuk menghiasi dekorasi rumah.  Rumah yang dihiasi dengan dekorasi batu alam akan terlihat lebih mewah dan elegan. Tetapi apakah anda tahu bahwa batu alam mempunyai jenis yang berbeda

Model Batu Alam

1. Batu Andesit

model batu alam

Batu alam andesit merupakan nama batuan beku ekstrusif yang memiliki butiran kristal halus (fine-grained) yang umumnya berwarna abu-abu terang hingga gelap. Andesit umumnya banyak mengandung mineral seperti feldspar plagioklas dan mengandung biotit, piroksen, atau amfibol. Andesit (gelang) biasanya tidak mengandung kuarsa. Ternyata macam2 ya komposisi penyusun batu andesit.

Andesit pada umum  dijumpai di daerah pegunungan dengan aliran lava hasil erupsi stratovolcanoes. Karna lava mengalami pendinginan dengan cepat di permukaan, maka andesit umumnya terdiri dari kristal-kristal berukuran kecil.

Dulu nama batu andesit juga disebut dengan “batu muka”. Sebab sifatnya yang padat dan tahan terhadap cuaca serta lumut. Itu sebabnya banyak sekali yang menyukai jenis batu ini. Saat ini, Batu andes kerap digunakan untuk eksterior dan interior rumah minimalis.

2. Batu Candi

Batu candi merupakan jenis batuan beku yang terbentuk dari lava yang membeku pada saat keluar ke permukaan bumi. Batu candi banyak ditemukan di pulau jawa terutama di Yogyakarta, Cirebon, Majalengka dan daerah timur pulau Jawa. ciri- ciri batu candi merupakan berwarna gelap, berpori dan solid.

Batu candi mempunyai berbagai jenis, namun yang paling favorit untuk dipakai materials dinding batu alam merupakan batu candi Borobudur Lava yang warnanya gelap kehitaman. Batu ini diberi nama batu candi karna banyak ditemukan sebagai materials pembangun stupa dan candi di masa lampau.

Batu Candi tidak cuma akan menambah kesan alami rumah anda namun batu candi juga menghasilkan nuansa sejuk. Batu candi banyak di jual di pasaran dalam bentuk lempengan sehingga mempermudah dalam proses pemasangan pada dinding rumah. Batu candi mempunyai harga yang relatif lebih murah dari pada batu alam jenis lainnya. 

Namun batu candi tidak cocok untuk dipakai lapisan dinding batu alam di luar ruangan karna gampang menyerap air. Jika sering sering terkena air hujan dan lembab maka lumut tumbuh dengan gampang. Apabila anda tetap ingin menjadikan sebagai hiasan di luar rumah, diharapkan agar menambahkan pelapis khusus untuk mengurangi pertumbuhan lumut.

3. Batu Palimanan

Batu palimanan yang berasal dari Cirebon ini juga cukup populer sebagai materials dinding batu alam. Batu palimanan cocok ditempatkan di bagian rumah mana saja, baik di dalam ataupun luar ruangan yang rentan terkena sinar matahari dan hujan.

Karena warnanya cukup terang dan pori-porinya besar, setelah proses pemasangan selesai, dinding batu alam ini harus segera diberi zat pelapis khusus.

Tujuannya adalah menghambat pertumbuhan lumut. Jangan lupa untuk melapisi ulang ketika zat pelapisnya sudah mulai menghilang. Harganya pun sangat terjangkau dibandingkan dengan harga batu alam pelapis dinding lainnya. 

4. Batu Templek

Batu Templek atau Batu Acak, baik itu batu templek Purwakarta, batu templek Garut, batu templek Salagedang atau batu templek Banjarnegara sampai saat ini masih sangat diminati dan masih sangat populer untuk digunakan atau dipasang pada dinding maupun lantai rumah dan bangunan lain nya.

Batu Templek atau sering disebut batu acak saat ini terbagi beberapa motif warna dan corak. Seperti batu templek purwakarta tersedia warna abu abu kemerahan dan pula ada yang berwarna abu abu polos. 

Sedangkan batu templek garut memiliki tekstur berwarna hitam kelam sedangkan untuk batu templek salagedang dan banjarnegara memiliki tekstur hampir sama dengan batu templek purwakarta.

5. Batu Granit

 

Batu alam jenis granit yaitu salah satu jenis materials yang  

saat ini sedang naik daun, walaupun harga nya yang sedikit lebih mahal banyak orang mencari keramik varian ini. Selain menampilkan kesan mewah dan elegan, ternyata keramik varian granit ini memiliki banyak manfaat, diantaranya :

  1. Tahan air dan kelembaban karena keramik jenis batu granit ini sudah di proteksi oleh lapisan seal.

      2. Unik dan Tahan Lama

      3. Kualitas Hypoallergenic, untuk anda yang memiliki masalah dengan kesehatan terutama asma dan alergi,  batu granit memiliki resistensi terhadap zat bakteria dan alergen. 

Nah demikian penjelasan untuk model batu alam. Bagi anda yang berminat untuk menjadikan batu alam sebagai dekorasi rumah, anda bisa langsung menghubungi grosir batu alam Bandung. dan dapatkan penawaran terbaik.